Tips Cara Memilih Murai Batu Yang bagus

Advertisement
Advertisement
Memiliki Burung Murai Batu yang berkualitas tentunya akan membuat kita bangga dan senang karena murai batu saat ini sedang booming dikalangan kicau mania sehingga harga murai  batu bakalan/anakannya pun melambung tinggi apalagi jenis murai batu medan.untuk memiliki murai batu yang berkualitas bagus kita harus memperhatikan lebih dahulu keturunan jika murai tersebut hasil ternakan dan kita juga harus tahu Ciri Ciri Murai Batu Yang Bagus dilihat dari segi fisik dan suaranya.

Setelah kita tahu Ciri Ciri Murai Batu Jantan Dan Betina kita juga harus tahu ciri ciri murai batu yang berkualitas bagu dilihat dari segi fisik burung tersebut,berikut ini Ciri Ciri Murai Batu Yang Bagus dan akan sangat cocok untuk kita pelihara dirumah:


Dari Segi Fisik Ciri Ciri Murai Batu Yang Bagus

1.Bentuk tubuh
Ciri fisik dari bakalan murai batu yang bagus adalah memiliki bentuk tubuh yang besar dan panjang. Karena murai batu yang memiliki cirri seperti ini akan tampak lebih gagah, anggun, dan mempesona saat ia berkicau. Dan jika burung tersebut dilombakan akan berpengaruh terhadap mental burung lawannya.

2.Kepala
Pada umumnya burung murai batu kepalanya berbentuk bulat. Tapi usahakan mencari murai batu yang kepalanya agak gepeng dan tidak terlalu bulat.Karena bentuk kepala seperti ini dapat mendukung gaya dan penampilan burung saat ia berkicau.

3.Paruh
Bentuk paruh biasanya berpengaruh pada kicauan yang dihasilkan. Burung murai batu yang kicauannya menarik biasanya memiliki paruh yang agak panjang dan tidak terlalu tebal. Biasanya para penggemar burung murai batu akan memilih burung yang memiliki paruh tersebut. Karena burung murai batu yang memiliki paruh seperti ini akan memiliki suara yang keras, besar, dan tajam.

4.Mata
Biasanya penggemar burung jarang yang memperhatikan mata. Yang terpenting adalah bahwa mata burung tersebut terlihat sehat, dan tidak cacat. Tapi seorang penggemar burung murai batu akan memilih burung yang memiliki mata melotot. Karena burung yang matanya melotot akan terlihat lebih garang dan biasanya burung ini memiliki bentuk tubuh yang besar dan panjang serta lebih lincah.

5.Leher
Para penghobi murai batu biasanya akan mencari murai batu yang berleher panjang.Karena murai batu yang berleher panjang akan memiliki kicauan yang panjang, keras, tajam, dan dapat sambung menyambung. Dan burung murai batu yang berleher panjang biasanya dapat bergaya lebih bagus saat berkicau dari yang berleher pendek.

6.Kaki
Kita harus lihat dengan teliti kaki murai batu.Terkadang ada kaki yang terluka dan tidak tampak di depan. Karena biasanya luka kaki bakalan murai batu berada di bagian bawah dan pangkal kuku.
Ada 3 macam warna kaki murai batu yaitu,
-warna cokelat kehitam-hitaman,
-cokelat kemerah-merahan,
-dan  warna kuning keputih-putihan.
Para penghobi biasanya lebih memilih murai yang memiliki kaki cokelat kehitam-hitaman, karena murai batu ini yang memiliki kaki seperti ini dipercaya memiliki mental baja. Tapi sebenarnya hal itu hanya merupakan keyakinan saja. Kicauan serta mental dari burung sebenarnya ditentukan oleh factor keturunan dan cara perawatannya

7.Ekor
Ekor dari bakalan murai batu menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Karena jika ada ekor dari bakalan tercabut saat menangkapnya, maka ekor ini tidak akan pernah tumbuh lagi. Dan kalau hal ini terjadi, maka akan merusak cirri fisik dari burung tersebut.



Semoga Tips Memilih Burung Murai Batu Yang Bagus diatas bermanfaat untuk anda khusunys bagi penghobi murai batu pemulan

Advertisement